Fanspage

Aplikasi Buta Warna

Untuk bisa menjadi salah seorang Anggota kepolisian, anda di wajibkan idak mengalami buta warna.

Apakah itu buta warna?

Buta warna adalah suatu kelainan yang disebabkan ketidak mampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu yang disebabkan oleh faktor genetis.

Buta warna merupakan kelainan genetika yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya, kelainan ini sering juga disebut sex linked, karena kelainan ini dibawa oleh kromosom X. Artinya kromosom Y tidak membawa faktor buta warna. Hal inilah yang membedakan antara penderita buta warna pada laki-laki dan perempuan. Seorang perempuan terdapat istilah 'pembawa sifat', hal ini menujukkan ada satu kromosom X yang membawa sifat buta warna. 

tes buta warna


Perempuan dengan pembawa sifat, secara fisik tidak mengalami kelainan buta warna sebagaimana wanita normal pada umumnya, tetapi wanita dengan pembawa sifat berpotensi menurunkan faktor buta warna kepada anaknya kelak. Apabila pada kedua kromosom X mengandung faktor buta warna maka seorang wanita tersebut menderita buta warna.

Saraf sel pada retina terdiri atas sel batang yang peka terhadap hitam dan putih, serta sel kerucut yang peka terhadap warna lainnya. Buta warna terjadi ketika syaraf reseptor cahaya di retina mengalami perubahan, terutama sel kerucut.


Buta warna Sendiri di golongkan menjadi 3
  1. Trikomasi
    Buta warna jenis trikomasi adalah perubahan sensitifitas warna dari satu jenis atau lebih sel kerucut. Jenis buta warna ini paling sering dialami dibandingkan jenis buta warna lainnya.
    Ada tiga macam trikomasi yaitu:

    Protanomali yang merupakan kelemahan warna merah.

    Deuteromali yaitu kelemahan warna hijau.

    Tritanomali yaitu kelemahan warna biru.
  2. DikromasiDikromasi merupakan tidak adanya satu dari 2 jenis sel kerucut, tediri dari:Protanopia yaitu tidak adanya sel kerucut warna merah sehingga kecerahan warna merah dan perpaduannya berkurang. 
    Deuteranopia
    yaitu tidak adanya sel kerucut yang peka terhadap hijau.
  3. Tritanopia
    yaitu tidak adanya sel kerucut yang peka untuk warna biru. 
    Monokromasi Sedangkan monokromasi ditandai dengan hilangnya atau berkurangnya semua penglihatan warna, sehingga yang terlihat hanya putih dan hitam pada jenis tipikal dan sedikit warna pada jenis atipikal. Jenis buta warna ini prevalensinya sangat jarang.
APLIKASI TES BUTA WARNA Bisa Anda Download di sini


Post a Comment

1 Comments

  1. mohon bantuan info apakah utk mata minus dan silinder bisa masuk Polri? Trimakasih

    ReplyDelete