Fanspage

Sekilas Tentang HUT Bhayangkara

Jika kita bicara tentang hari BHAYANGKARA artinya tidaklepas dari Sejarah Kepolisian itu sendiri, mari kita simak sedikit pengetahuan tentang HARI BHAYANGKARA.

Sejak 17 April 2015, jabatan Kapolri dipegang oleh Jenderal Polisi Badrodin Haiti.untuk mengetahui siapa saja yang pernah menjabat jadi Kapolri bisa di lihat disini.

1 JULI bisanya di peringati sebagai hari Bhayangkara. tapi 1 JULI bukan lah hari terbentuknya Kepolisian karena pada tanggal 1 JULI di sebut hari bhayangkara adalah pada tanggal 1 JULI 1946 Penetapan Pemerintah tahun 1946 No. 11/S.D. Jabatan Kepolisian Negara yang bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri. dan 1 JULI juga Pada tahun 1969 dengan Keppres No. 52/1969 sebutan Panglima Angkatan Kepolisian diganti kembali sesuai UU No. 13/1961 menjadi Kepala Kepolisian Negara RI, namun singkatannya tidak lagi KKN tetapi Kapolri. Pergantian sebutan ini diresmikan pada tanggal 1 Juli 1969. dari situ lah sebabnya 1 JULI di peringati sebagai HARI BHAYANGKARA




Sebagai bangsa dan negara yang berjuang mempertahankan kemerdekaan maka Polri di samping bertugas sebagai penegak hukum juga ikut bertempur di seluruh wilayah RI. Polri menyatakan dirinya “combatant” yang tidak tunduk pada Konvensi Jenewa. Polisi Istimewa diganti menjadi Mobile Brigade, sebagai kesatuan khusus untuk perjuangan bersenjata, seperti dikenal dalam pertempuran 10 November di Surabaya, di front Sumatera Utara, Sumatera Barat, penumpasan pemberontakan PKI di Madiun, dan lain-lain. karena jasa-jasanya itu Kepolisian Negara Republik Indonesia di beri Bintang penghargaan BHAYANGKARA sebagai bintang kepahlawanan untuk anggota kepolisan yang telah menunjukkan keberanian, kebijaksanaan dan ketabahan luar biasa melampaui panggilan kewajiban tanpa merugikan tugas pokok


BHAYANGKARA sendiri berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti Garang atau bisa juga berarti HEBAT.  Bhayangkara juga merupakan pasukan elit pengawal di kerajaan MAJAPAHIT. 


Post a Comment

0 Comments