Fanspage

Pendidikan Akademi Bersama TNI

Polri dan TNI berkomitmen untuk menggelar pendidikan akademi bersama untuk para tarunanya selama satu tahun-dari masa pendidikan empat tahun-pada 2015.

"Kami fokus pada pendidikan karakter dan disiplin. Nanti akan diisi oleh siswa-siswa dari Akpol (Akademi Kepolisian), Akmil (Akademi Militer), AAL (Akademi Angkatan Laut) dan AAU (Akademi Angkatan Udara)," kata Kapolri Jenderal Sutarman pada Beritasatu.com

Pendidikan bersama itu diharapkan mampu mempererat semangat persaudaraan, kebersamaan, dan emosional di antara aparat keamanan dan hukum itu.

Komitmen itu muncul pascabentrok antara Polri dengan TNI, di Batam, Kepulauan Riau, pekan lalu. Bentrokan itu menelan satu korban tewas yaitu anggota Yonif 134 Praka Joni K Marpaung

Namun jenderal bintang empat itu belum tahu detail tentang mekanisme belajar bersama itu, termasuk tempat pelaksanaannya. "Ini semua sedang dibahas mekanismenya," ujar mantan Kapolda Metro Jaya ini.

Di masa Orde Baru, sebelum TNI-Polri dipisah, pendidikan untuk membina perwira muda itu memang disatukan di tahun-tahun awal saat mereka dididik di Akabri, Magelang, Jawa Tengah.

Kemudian para perwira muda dinas ketentaraan itu dipisahkan. Tentara dididik di Akmil, AAU, atau AAL, sedangkan polisi ke Akpol.  Mereka dipisah karena militer dididik untuk menjaga pertahanan negara dan membunuh musuh negara sedangkan polisi dididik untuk menjaga keamanan negara dengan menegakan hukum.

Setelah lulus mereka baru dipertemukan saat mereka diwisuda secara bersama-sama oleh presiden.

Post a Comment

0 Comments