Fanspage

Mekanisme Naik Pangkat Pada POLRI

Bimbel Polri akan menjelaskan tentang Mekanisme Pangkat Pada POLRI.

Polisi itu dibagi dua bagian. 


  1. Pelaksana utama
  2. Manajerial. 

Pelaksana dalam Polri disebut golongan BINTARA dan Tamtama, sedangkan manajer disebut golongan PERWIRA.

Pangkat PERWIRA itu warnanya kuning keemasan,


sedangkan golongan BINTARA itu warnanya silver/perak.

Lihat Jenjang Kepangkatan Pada POLRI disini



Dalam organisasi kepolisian digunakan sistem hierarki yang bertujuan untuk menjaga agar perintah dari atas dapat dilaksanakan dengan baik dan juga sebagai sistem pengendalian. Hierarki berbanding lurus dengan karier, ditandai dengan pangkat.

Berikut saya gambarkan perjalanan karier dari BINTARA:



- Brigadir Polisi Dua (BRIPDA), setelah 4 tahun menjadi


- Brigadir Polisi Satu (BRIPTU),


- BRIGADIR,


- Brigadir Polisi Kepala (BRIPKA),


- Ajun Inspektur Dua (AIPDA), setelah 2 tahun menjadi


- Ajun Inspektur Satu (AIPTU). Ini adalah pangkat tertinggi di golongan BINTARA.



Kalau perwira pangkatnya dibagi tiga golongan, yaitu PAMA (Perwira Pertama), PAMEN (Perwira Menengah), dan PATI (Perwira Tinggi).



PAMA terdiri dari:


- Inspektur Polisi Dua (IPDA), setelah 3 tahun menjadi


- Inspektur Polisi Satu (IPTU),


- AKP 



Yang patut diperhatikan adalah, di atas pangkat KOMPOL hingga JENDERAL, lamanya kenaikan pangkat tersebut menyesuaikan pendidikan, prestasi, jabatan, dan hasil assessment.


PAMEN terdiri dari:


- Komisaris Polisi (KOMPOL)


- Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)


- Komisaris Besar Polisi (KOMBES)


PATI terdiri dari:


- Brigadir Jenderal Polisi (BRIGJEN)


- Inspektur Jenderal Polisi (IRJEN)


- Komisaris Jenderal Polisi (KOMJEN)


- Jenderal Polisi



Masa dinas yang disebutkan di atas tadi tidak pakem. Bisa dipengaruhi prestasi atau pelanggaran. Misalnya anggota saya yang melakukan pemukulan terhadap tersangka, ditunda kenaikan pangkatnya 2 rotasi, yang artinya dia ditunda satu tahun. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenaikan/penundaan pangkat.


A. Untuk menjadi BINTARA,


jalurnya hanya satu yaitu lewat SPN (Sekolah Polisi Negara), pendidikan kurang lebih 7 bulan. Sistem penempatan BINTARA secara umum menggunakan prinsip, “Local boy for local job,” yang artinya orang lokal untuk tugas lokal. Implementasinya jika mendaftar di Jawa, penempatan tidak akan jauh dari Jawa (kecuali mendadak dibutuhkan di luar daerah).

B. Untuk menjadi PERWIRA,


Ada dua jalur. Jalur dari UMUM langsung jadi PERWIRA, atau dari BINTARA jadi PERWIRA.


Dari UMUM langsung jadi PERWIRA hanya Dua, Lewat AKPOL dan SIPSS.


Akademi Kepolisian (AKPOL) di Semarang Jawa Tengah dengan masa pendidikan 4 tahun, dengan gelar setara Sarjana Ilmu Kepolisian. Jalan masuk menjadi AKPOL dari Lulusan SMA, lulusan AKPOL akan mendapat pangkat IPDA, siap ditempatkan tugas di bidang Operasional maupun Administrasi.


Sekolah insektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) adalah sekolah polisi yang berasal dari lulusan Sarjana (S1) dari perguruan tinggi, Bila kamu lulus seleksi calon siswa SIPSS maka kamu akan di sekolahkan ini selama 4 Bulan. Lulusan Sekolah Inspektur Sumber Sarjana berpangkat sama dengan lulusan Akademi Kepolisian yaitu Inspektur Polisi Dua(IPDA). Lulus dari sekolah ini, akan di tempatkan di polda-polda yang membutuhkan . dan kamu tidak usah khawatir karena kamu akan bekerja sesuai bidang kamu yang kamu pelajari di bangku perguruan tinggi.



Kalau dari BINTARA menjadi PERWIRA ada tiga jalur, yaitu AKPOL, SIP dan SAG.

  1. AKPOL juga menerima dari Bintara lulusan terbaik SPN dan sudah bekerja selama 2 tahun, dengan pangkat BRIPTU. Mengingat lulusan AKPOL dipersiapkan untuk memegang jabatan tertinggi dalam Kepolisian.
  2. Jalur kedua melalui SIP (Sekolah Inspektur Polisi), yang diikuti hanya oleh BINTARA Mantap berpangkat BRIPKA dengan masa pendidikan sekitar 3 - 6 bulan. Lulus SIP akan mendapat pangkat IPDA, siap ditempatkan di bidang Operasional maupun Administrasi.
  3. Jalur ketiga melalui SAG (Sekolah Alih Golongan), yang hanya diikuti oleh BINTARA senior dengan masa pendidikan sekitar 1 bulan. Lulus SIP akan mendapat pangkat IPDA, siap ditempatkan di bidang Administrasi.


Untuk SIP maupun SAG karena bersumber dari BINTARA senior, umumnya penempatan tidak jauh dari pendaftaran asal. Sangat berbeda dengan AKPOL, pendidikan keras dan cukup lama bertujuan untuk mempersiapkan seorang manajer yang siap hidup dimana saja. Jadi penempatan lulusan AKPOL benar-benar acak di seluruh NKRI.


Bimbelpolri tambah sedikit masalah karier, pergerakan karier dalam organisasi Kepolisian ada tiga, yaitu:


- Promosi : dipindah ke jabatan yang lebih tinggi karena prestasi


- Demosi : dipindah ke jabatan yang lebih rendah karena kasus/masalah


- Tour of duty / Tour of area : dipindah dengan tingkatan jabatan sama namun beda fungsi, atau dipindah dengan jabatan sama tapi beda wilayah; mutasi ini bertujuan untuk penyegaran petugas pada jabatan/tempat yang baru.

Post a Comment

0 Comments